Structure of Plankton Community in the Komering River of Palembang City Area South Sumatra

Yosafat Tawanggian, Effendi Parlindungan Sagala, Zazili Hanafiah

Abstract


Penelitian tentang struktur komunitas plankton dan kualitas air. Penelitian tentang Struktur Komunitas Plankton di wilayah Sungai Komering di Kota Palembang, Sumatera Selatan telah dilakukan pada bulan Februari - April 2017. Lokasi pengambilan sampel adalah Penentuan berdasarkan metode Purposive Sampling, yaitu berdasarkan perbedaan lingkungan sekitar. Identifikasi sampel plankton dilakukan di Laboratorium Ekologi Hewan, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indralaya. Hasil penelitian genera 16 plankton terdiri dari 10 kelas: Bacillariophyceae, Chloropyceae, Fragilariophyceae, Cyanophyceae, Xanthophyceae, Flagellata, Rizophoda, Crustacea, Branchiopoda, dan Nematodes. Kisaran kelimpahan Plankton di Sungai Komering rendah antara 1 individu / liter - 91 individu / liter. Indeks keanekaragaman spesies di mana 0,88-1,18, tambang ini adalah kategori sedang. Indeks Dominan Plankton di stasiun 3 dan merupakan genera dominan, dengan nilai 4 0,56 dan 0,62, yang menunjukkan keberadaan spesies plankton yang mendominasi dan berdasarkan nilai indeks kesamaan menunjukkan bahwa antar stasiun penelitian memiliki kemiripan yang tinggi Mulai dari 40% - 82%. Sedangkan faktor fisik-kimia di perairan sungai tergolong stabil.

           

 


Keywords


Plankton Community; Komering River; South Sumatera.

Full Text:

FULL TEXT PDF

References


BIBLIOGRAPHY

Arifin, R. 2009. Distribusi Spasial Dan Temporal Biomassa Fitoplankton (Klorofil-A) Dan Keterkaitannya Dengan Kesuburan Perairan Estuari Sungai Brantas, Jawa Timur. Skripsi. pada Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Institut Pertanoan Bogor : Bogor.

Barus, T.A. 2004. Faktor-Faktor Lingktjngan Abiotik Dan Keanekaragaman Plankton Sebagai Indikator Kualitas Perairan Danau Toba. Journal Manusia dan Lingkungan. 06(2) 64-72.

Basmi, J. 2000. Planktonologi : Plankton sebagai Bioindikator Kualitas Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Bogor: ii+59 hlm.

Kendeigh, S.C. 1980. Ecology with Special Reference to Animals and Man. PrenticeHall of India, New Delhi.

Patriono., E. Sagala, E.P, Wardhani, A,E. 2007. Inventarisasi Spesies Ikan Di Sungai Komering Kecamatan Madang Suku Ii Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Journal Sainmatika. 1-7.

Odum, E.P. 1971. Foundamentals of Ecology. Third Edition. W.B. Sounders Company: Philadelphia.

Sagala, E.P. 2014. Surface Levels Wet Land Habitat For The Microorganism Communities Very Important to Supply Nursery Ground in Aquatic Ecosystem. International Conference on Hydrology (ICE), November 2014. Yogyakarta: Indonesia.

Yazwar. 2008. Keanekaragaman Plankton Dan Keterkaitannya Dengan Kualitas Air Di Parapat Danau Toba. [Tesis] pada Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22135/sje.2020.5.1.1-8

Refbacks



Copyright (c) 2020 Sriwijaya Journal of Environment